Cari Blog Ini

Minggu, 22 Agustus 2010

lokki selayang Pandang

Lokki adalah sebuah negeri di jasirah huamual depan kabupaten seram bagian barat,propinsi Maluku,Indonesia.
Nama negeri lokki diambil dari kata Lo'i yang artinya berkumpul, nama lokki juga diambil dari nama logi(benteng) yg artinya kumpulan orang2 yang berada dalam benteng hena lo'i hena latu huamual (Pusat pemerintahan kerajaan huamual) -/+ 3km, sehingga orang2 belanda menyebut org2 lokki sebagai yana lo'i (terdapat perubahan pengucapan karena pengaruh dialek kedaerahan)*.

* contoh perubahan bahasa: Lo'i = Loki, Ra'jat = Rakyat

Negeri lokki merupakan salah negeri tua yg terdapat di seram bagian barat.
Keberadaan Negeri lokki adalah sudah ada sebelum peperangan Huamual/Hogi tochten. Negeri lokki di pimpin oleh seorang raja, yg bergelar "Upu latu Lo'i upu latu Huamuale".
sejarah negeri lokki banyak didokumentasikan pada saat peperangan huamual (anvaal op loky 1652), sehingga dalam penjabaran sejarah tidak terjadi kesimpangsiuran sejarah.

Bukti2 Dokumen2 tua, seperti Peta penyerangan kerajaan huamual tahun 1652  (anvaal op laala), (anvaal op loky) Register Babtisan tahun 1601 dan lainnya,masih ada dan terseimpan dgn rapi di berkas pemerintahan Negeri lokki. Bukti2 prasasti lainnya yang sangat penting adalah situs peninggalan kerajaan Huamual Benteng kerajaan  huamual Hena lo'i. dan benteng Henalatu huamual, tempat tinggal Gimelaha Majira, masih dapat kita lihat bekas kemegahannya, walaupun sdh  dimakan usia.

2 komentar:

  1. kalau bisa tau, siapa raja huamual pada waktu hongie tochten??????.......

    BalasHapus
  2. salam hangat usi.. beta sering googling tentang perang huamual tapi seng ada yg tulis tentang tempat berlansungnya perang huamual, kan seng mungkin dong prang dari tanjong sial sampe di piru. heheeeee.. prang huamual tu terjadi di mana usi kalu boleh tau, di sekitar loki ka, luhu ka, ariati ka bageang laala sana,, heheee. tolong jua usi beta ingin tau .. :) salam hangat..

    BalasHapus